STRATEGI KAMPANYE PR
Minggu
lalu kita sudah membahas Media Sosial PR Digital, nah kali ini kita akan
membahas tentang Strategi Kampanye PR. Sebelum membahasnya lebih jauh, ada
baiknya kita berkenalan dulu dengan Strategi Kampanye PR. Anda pasti sudah
tidak asing lagi mendengar kata strategi. Menurut Stephanie K. Marrus ” Strategi
merupakan suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus
pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau
upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai”. Sedangkan kampanye Menurut
Leslie B. Snyder (2002) “ kampanye komunikasi merupakan aktivitas komunikasi
yang terorganisasi, secara langsung ditujukan kepada khalayak tertentu, pada
periode waktu yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan tertentu”.
Seperti
contoh, Sebuah perusahaan dalam menghadapi persangan bisnis sebaiknya mempunyai
strategi-strategi yang diterapkan agar perusahaan tersebut bisa bertahan dan
mampu bersaing dengan para pesaing bisnisnya. Selain itu dengan menetapkan
sebuah strategi perusahaan juga memperhatikan beberapa faktor agar bisa
menetapkan kebijakan perusahaan dengan benar. Begitu pula dengan program Kampanye
PR Digital, strategi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Karena strategi merupakan
tahapan perencanaan, terutama proses perencanaan yang sangat hati-hati dan
matang mengenai program Kampanye PR. Ketika proses itu dijalankan, tidak hanya
dijalankan sekali-sekali saja, tetapi proses tersebut juga memerlukan aktivitas
yang dilakukan secara terus menerus agar tercapainya tujuan yang diinginkan.
Kampanye
PR sendiri bertujuan untuk memberikan penerangan terus-menerus serta pengertian
dan motivasi masyarakat terhadap suatu kegiatan atau program tertentu melalui
proses dan teknik komunikasi yang berkesinambungan dan terencana untuk mencapai
publisitas dan citra yang positif di mata khalayak maupun stakeholder terkait.
Ada
beberapa jenis kegiatan kampanye yang umum dilakukan oleh humas seperti :
Kampanye
produk ( misalnya peluncuran produk baru untuk dikenalkan kepada khalayak
sekaligus membangun citra positif terhadap produk baru tersebut)
Kampanye
pencalonan Kandidat (Seperti kampanye pemilu).
Kampanye
ideologi atau misi sosial (seperti melaksanakan kampanye Anti Narkoba, Anti
HIV/AID dan Pengentasan Kemiskinan, dan pengangguran)
Didalam
kampanye PR, seorang PR sendiri harus mampu menjelaskan kepada publik mengenai
programnya, dan juga mampu berkomunikasi yang bersifat persuasi, dan juga mempunyai
jiwa kreatif dan inovatif ide gagasan yang baru agar dalam kampanye PR sendiri
tidak menoton, selain mendapatkan terobosan yang baru, juga harus respon yang
cepat, dapat memikirkan antisipasi hal-hal negatif kedepannya, hingga
menyiapkan solusi dari hambatan-hambatan yang akan datang.
Dalam
Kampanye PR, dibutuhkan alat atau media untuk menyampaikan pesan. Seperti melalui
iklan, blog, website, youtube, logo, newsletter dalam bentuk digital, publisitas
yang kuat juga mendukung tercapainya tujuan kampanye PR. Namun dalam memilih
media juga harus di pertimbangkan secara matang, misalnya memilih media yang
sesuai dengan sasaran publik, agar terciptanya keselarasan antara publik dan
organisasi.
Syarat
kampanye PR yang baik adalah :
- Harus punya kesamaan yang sejalan,
sejalan dalam artian sesuai dengan tujuan organisasi/perusahaan.
-
Diperlukan program yang terencana.
-
Targetkan pekerjaan sesuai skala
prioritas.
-
Lakukan pengukuran sebanyak mungkin,
sebagai tolak ukur dalam pelaksanaan kegiatan.
-
Serta taktik pelaksanaan pencapaian
tujuan program yang terukur secara rasional.
Dalam
pelaksanaan kampanye PR, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu terkait
kekompakan sebagai tim harusnya menyelaraskan semua komponen dan tiap tugas
yang diemban oleh anggota tim.
Strategi
Kampanye PR sangat penting demi terciptanya citra dan reputasi yang baik bagi
suatu organisasi/perusahaan. Dengan adanya pendekatan dan perencanaan yang
matang, maka tujuan dapat tercapai, Dan penggunaan media yang tepat sesuai
dengan sasaran publik yang diinginkan sehingga dapat berpengaruh baik khalayak
tujuan.
Sumber :
https://komunitaspr.wordpress.com/2010/06/10/perencanaan-strategis-kampanye-pr/
http://www.duniapublicrelations.com/2017/01/pelaksanaan-evaluasi-kampanye-strategi.html
Sumber :
https://komunitaspr.wordpress.com/2010/06/10/perencanaan-strategis-kampanye-pr/
http://www.duniapublicrelations.com/2017/01/pelaksanaan-evaluasi-kampanye-strategi.html
http://hariannetral.com/2014/12/pengertian-strategi-menurut-beberapa-ahli.html
THANKYOU.. |
Komentar
Posting Komentar