INTERAKTIF DIGITAL PR
Mendengar
istilah Interaktif tentulah bukan hal yang asing lagi untuk kita. Menurut Warsita:2008
“ interaktif merupakan hal yang terkait dengan komunikasi dua arah atau suatu
hal bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta
mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya.”
Jika interaktif
dihubungkan dengan digital PR maka interaktif Digital PR adalah penggunaan
perangkat dan teknologi internet yang meliputi hubungan media baru. seperti menurut Everett M. Rogers (Dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi kedalam empat era. pertama era komunikasi tulisan, kedua era komunikasi cetak, ketiga era telekomunikasi, dan keempat era komunikasi interaktif. Disini kita akan berfokus pada era komunikasi interaktif, Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif, seperti blog, mesin pencari, dan pemasaran media
sosial untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (perusahaan)
dengan publik. Dalam interaktif digital PR misalnya khalayak atau masyarakat
tidak hanya selalu melihat informasi yang
disuguhkan oleh perusahaan atau organisasi, tetapi bisa turut aktif berkomunikasi,
berkomentar menyampaikan pendapatnya terkait informasi yang diberikan oleh
pihak perusahaan atau organisasi tersebut. Komunikasi yang terjalin lebih
interaktif tentu akan menyenangkan, baik untuk khalayak sasaran maupun pihak PR
perusahaan sendiri. Dengan adanya komunikasi interaktif, maka pihak perusahaan
/ organisasi sudah dapat menciptakan citra yang baik dihadapan khalayak
konsumen.
Interaktif digital PR menyatukan semua bentuk
komunikasi. Ia tidak hanya terbatas pada press-release online dan blog, tetapi
menggunakan semua unsur dalam membangun hubungan sambil memelihara pentingnya
bahasa lisan dalam komunikasi interaktif. Kegiatan PR digital secara interaktif
memungkinkan organisasi / perusahaan untuk
mempublikasikan informasi yang ingin mereka sebarluaskan dengan cepat, efektif
dan efisien tanpa harus tergantung pada saluran tradisional seperti media konvensional (surat kabar,
majalah, radio, TV). Karena seperti yang kita ketahui, media konvensional
seperti media cetak seperti surat kabar dan majalah bersifat periodik, sehingga
penerbitan informasi akan secara berkala.
Interaktif digital PR juga memiliki kelebihan seperti memungkinkan
komunikasi langsung dan cepat antara perusahaan/organisasi dengan publik
sasaran, pelanggan, dan calon pelanggan. Namun, dimana ada kelebihan disitu
pasti ada kelemahan. Seperti halnya interaktif digital PR, tidak hanya memiliki
kelebihan, tetapi juga kelemahan misalnya umpan balik dari publik yang tidak
selalu bersifat positif, malah sebaliknya menjadi boomerang bagi perusahaan,
karena tidak sesuai dengan yang diharapkan pihak perusahaan. Misalnya seorang
praktisi PR kurang sensitif mengelola isu, salah ucap, atau salah menempatkan
diri dalam situasi sosial di dunia maya. Oleh karena itu, praktisi PR Digital ditantang
harus mampu mengantisipasi hal tersebut terjadi, guna tetap menjaga citra dan
reputasi perusahaan sesuai visi dan misi perusahaan itu sendiri.
Seperti contohnya praktisi
PR Digital dapat mengoptimalkan konten press-release untuk mesin pencari, untuk
membantu upaya-upaya SEO. Dan juga press release ini dipromosikan melalui media
sosial. jejaring sosial seperti Twitter, facebook, dan sebagainya dapat menjadi
jembatan penghubung antar publik dan perusahaan, dimana jejaring sosial ini
dapat digunakan untuk mengupdate informasi
yang dikirimkan kepada publik, dan publik dapat berkomunikasi langsung seperti
mengajukan pertanyaan-pertanyaan, kontak, pada pihak PR perusahaan dan
memungkinkan publik mengikuti kegiatan perusahaan dan terus dapat berhubungan. Dan
juga sebaran email memberikan informasi terbaru yang disiarkan secara cepat
kepada kelompok besar maupun para stakeholder perusahaan. Walaupun demikian, justru
di era digital inilah seorang PR dituntut memiliki strategi dan taktik yang
cermat dalam menjalankan tugas yang besar untuk tetap menjaga nama baik
perusahaan/organisasi.
Thanks....
SUMBER :
http://manyaw.blogspot.co.id/2016/11/humas-interaktif.html
di akses 20 November 2017
http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-interaktif/ di akses 20 November 2017
http://inspirasihumas.blogspot.co.id/2011/03/interactive-public-relations-humas.html diakses 20 November 2017
Komentar
Posting Komentar