BLOG DALAM DIGITAL PR
Setelah membahas soal website, kali ini kita akan membahas tentang Blog. Blog sebenarnya bukanlah solusi akhir
untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk mereka
sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog). Namun demikian, tetap saja,
penggunaan blog perusahaan, khususnya di era keterbukaan saat ini mungkin sudah
menjadi sesuatu yang wajib diperhatikan lebih seksama. Terlebih difungsikan
oleh seorang praktisi Digital PR dalam mengerjakan yang menjadi
tanggungjawabnya, yaitu untuk menginformasikan pihak perusahaan / organisasinya,
sehingga tugasnya dalam meningkatkan citra dapat dipertanggungjawabkan.
Berikut adalah beberapa fungsi blog
perusahaan yang lazim dilakukan dalam kegiatan public relation :
·
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel
maupun produk baru.
·
Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini
perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.
·
Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya
terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang
diberikan.
·
Blog bisa menjadi media membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat
menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk
dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan
merasa bahwa perusahaan itu memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya
tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
·
Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian pelanggan tentang
suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian
tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut
berkomentar.
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana
komunikasi dan kolaborasi antar karyawan. Setiap karyawan didorong untuk
menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide,
saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin
antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif
dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan. (https://pelatihanhumas.com/fungsi-blog-untuk-pr-public-relations/)
Lalu, apa
kelebihan menggunakan blog sebagai media PR dizaman digital ini dibandingkan
dengan media lainnya?
1. Blog untuk PR itu
Murah dan Mudah
Dibandingkan dengan mengadakan Press Release di media
elektronik, tentu saja penyampaian informasi perusahaan lewat blog relatif
gratis (kecuali Anda membayar orang melakukannya) dan mudah.
Ada banyak sekali platform blog yang gratis, misalnya
WordPress dan Blogger (untuk corporate saya lebih menyarankan WordPress) dimana
setup-nya pun sangat mudah dan cepat. Itulah sebabnya banyak perusahaan kecil
dan menengah yang menggunakan blog untuk tujuan Public Relation.
Dengan memiliki blog, artinya Anda memiliki “channel
PR” Anda sendiri untuk perusahaan Anda.
2. Peluang Untuk
Muncul di Search Engine
Jika stakeholder Anda adalah orang-orang yang familiar
dan sering menggunakan internet, maka bisa dipastikan mereka memiliki behavior
yaitu mencari informasi melalui search engine seperti Google.
Nah, dengan melakukan blogging sebagai strategi PR
Anda, maka informasi yang Anda posting di blog Anda tersebut memiliki peluang
untuk muncul di halaman 1 Search Engine (jika blog Anda dioptimasi dengan
baik).
Sehingga, ketika ada calon customer potensial yang
mencari informasi seputar produk dan isu-isu perusahaan Anda, mereka dapat
segera menemukannya di halaman 1 search engine. Pastikan mereka mendapatkan
informasi seputar perusahaan Anda langsung dari blog Anda, bukan dari sumber
lain.
3. Kemudahan
Stakeholder untuk Berinteraksi
Jika (misal) Anda mengadakan press release dengan
mengundang wartawan media cetak ataupun televisi untuk keperluan PR, maka
biasanya interaksi atau feedback yang muncul sangat terbatas (biasanya feedback
hanya datang dari wartawan) , dan sulit bagi customer ataupun stakeholder Anda
untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.
Namun, melalui blog, siapapun dapat langsung
memberikan feedback berupa komentar ataupun pertanyaan seputar topik PR yang disampaikan. Hal ini bisa menciptakan
interaksi langsung antara perusahaan
dengan stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak
tertentu saja (http://publicruns.blogspot.co.id/2012/10/keuntungan-menggunakan-blog-untuk.html)
Seorang PR di era digital ini haruslah paham akan
perkembangan zaman dan bagaimana mengatur siasat, agar semua rencana perusahaan
atau organisasi dalam meningkatkan citra dan lain sebagainya dapat terlaksana
sebagaimana mestinya.
Tulisan ini dimodifikasi dari sumber :
SEE U :)
Komentar
Posting Komentar