Langsung ke konten utama

BLOG DALAM DIGITAL PR

BLOG DALAM DIGITAL PR


Setelah membahas soal website, kali ini kita akan membahas tentang Blog. Blog sebenarnya bukanlah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk mereka sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog). Namun demikian, tetap saja, penggunaan blog perusahaan, khususnya di era keterbukaan saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib diperhatikan lebih seksama. Terlebih difungsikan oleh seorang praktisi Digital PR dalam mengerjakan yang menjadi tanggungjawabnya, yaitu untuk menginformasikan pihak perusahaan / organisasinya, sehingga tugasnya dalam meningkatkan citra dapat dipertanggungjawabkan.
Berikut adalah beberapa fungsi blog perusahaan yang lazim dilakukan dalam kegiatan public relation :
·         Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru.
·         Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.
·         Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
·         Blog bisa menjadi media membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan itu memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
·         Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar.
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawan. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan. (https://pelatihanhumas.com/fungsi-blog-untuk-pr-public-relations/)



Lalu, apa kelebihan menggunakan blog sebagai media PR dizaman digital ini dibandingkan dengan media lainnya?
1. Blog untuk PR itu Murah dan Mudah
Dibandingkan dengan mengadakan Press Release di media elektronik, tentu saja penyampaian informasi perusahaan lewat blog relatif gratis (kecuali Anda membayar orang melakukannya) dan mudah.
Ada banyak sekali platform blog yang gratis, misalnya WordPress dan Blogger (untuk corporate saya lebih menyarankan WordPress) dimana setup-nya pun sangat mudah dan cepat. Itulah sebabnya banyak perusahaan kecil dan menengah yang menggunakan blog untuk tujuan Public Relation.
Dengan memiliki blog, artinya Anda memiliki “channel PR” Anda sendiri untuk perusahaan Anda.
2. Peluang Untuk Muncul di Search Engine
Jika stakeholder Anda adalah orang-orang yang familiar dan sering menggunakan internet, maka bisa dipastikan mereka memiliki behavior yaitu mencari informasi melalui search engine seperti Google.
Nah, dengan melakukan blogging sebagai strategi PR Anda, maka informasi yang Anda posting di blog Anda tersebut memiliki peluang untuk muncul di halaman 1 Search Engine (jika blog Anda dioptimasi dengan baik).
Sehingga, ketika ada calon customer potensial yang mencari informasi seputar produk dan isu-isu perusahaan Anda, mereka dapat segera menemukannya di halaman 1 search engine. Pastikan mereka mendapatkan informasi seputar perusahaan Anda langsung dari blog Anda, bukan dari sumber lain.
3. Kemudahan Stakeholder untuk Berinteraksi
Jika (misal) Anda mengadakan press release dengan mengundang wartawan media cetak ataupun televisi untuk keperluan PR, maka biasanya interaksi atau feedback yang muncul sangat terbatas (biasanya feedback hanya datang dari wartawan) , dan sulit bagi customer ataupun stakeholder Anda untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.
Namun, melalui blog, siapapun dapat langsung memberikan feedback berupa komentar ataupun pertanyaan seputar topik PR yang  disampaikan. Hal ini bisa menciptakan interaksi langsung antara perusahaan  dengan stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak tertentu saja (http://publicruns.blogspot.co.id/2012/10/keuntungan-menggunakan-blog-untuk.html)


Seorang PR di era digital ini haruslah paham akan perkembangan zaman dan bagaimana mengatur siasat, agar semua rencana perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan citra dan lain sebagainya dapat terlaksana sebagaimana mestinya.


Tulisan ini dimodifikasi dari sumber :



SEE U :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERAKTIF DIGITAL PR

INTERAKTIF DIGITAL PR Mendengar istilah Interaktif tentulah bukan hal yang asing lagi untuk kita. Menurut Warsita:2008 “ interaktif merupakan hal yang terkait dengan komunikasi dua arah atau suatu hal bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya.” Jika interaktif dihubungkan dengan digital PR maka interaktif Digital PR adalah penggunaan perangkat dan teknologi internet yang meliputi hubungan media baru. seperti menurut Everett M. Rogers (Dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi kedalam empat era. pertama era komunikasi tulisan, kedua era komunikasi cetak, ketiga era telekomunikasi, dan keempat era komunikasi interaktif. Disini kita akan berfokus pada era komunikasi interaktif, Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif, seperti blog, mesin pencari, dan pemasaran media sosial untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (perusahaan)

MEDIA RELATIONS PR DIGITAL

Media Relation -------- Public Relations        Pentingnya hubungan public relations dengan media memang menjadi kajian yang menarik untuk dibahas. Bagaimanapun juga, public relations dan media massa adalah dua pihak yang saling bersinggungan dalam menyampaikan informasi kepada publik untuk membangun pengertian yang baik diantara keduanya.      Media Relations (Hubungan Media) disebut juga Press Relations adalah aktivitas menjalin hubungan baik dengan  wartawan, kalangan pers, atau media massa. Hubungan media merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi  dilakukan humas atau PR sebuah instansi. Tujuan utama media relations adalah membangun citra positif (image building) sebagai tugas utama humas. Media Relations dilakukan guna memperoleh publisitas, pemberitaan, atau liputan media seluas mungkin.      Peran Public Relations tidak bisa dipisahkan dari Media. Hubungan Public Relations Dengan Media Massa seperti sisi mata uang yang saling berdampingan. Baik Public Relations maupun