PUBLISITAS
DIGITAL PR
Apa itu Publisitas
Digital PR??
Mari kita telusuri....
Publisitas
Publisitas menurut Herbert M. Bagus merupakan sebagai pesan yang direncanakan,
dieksekusi, dan didistribusikan melalui media untuk memenuhi kepentingan
publiknya tanpa membayar pada media.1
Menurut William J.
Stanton publisitas adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau
organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut
biaya, atau tanpa pengawasan dari sponsor2
Publisitas merupakan berbagai
program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau
masing-masing produknya.
Adapun tujuan dari kegiatan
publisitas adalah meminimalisir anggaran sebuah perusahaan. Publisitas dalam
praktik PR sudah tidak asing lagi, ini dikarenakan seorang praktisi PR
berhubungan erat dengan publisitas, Seperti yang telah dipelajari pada public
relations bahwa salah satu tugas pokok public relations adalah menciptakan
citra positif perusahaan di mata publiknya. Publisitas memunculkan sebuah
citra, berdasarkan informasi tertentu. Citra tidak selamanya mencerminkan
tentang sebuah kenyataan yang sesungguhnya, karena citra terbentuk berdasarkan
informasi yang tersedia. informasi yang benar, akurat, tidak memihak, lengkap
dan memadai itu benar-benar penting bagi munculnya sebuah citra yang tepat.
Namun perlu diingat bahwa semua keputusan terakhir berada pada media. Media dapat
memanfaatkan atau tidak memanfaatkan informasi tersebut berdasarakan penilaian
mereka terhadap kepentingan informasi tersebut yang ditujukan bagi audiens
mereka.
Peristiwa atau events yang layak
untuk diberitakan dapat menarik liputan media untuk menciptakan publisitas.
Acara publisitas yang berhasil atau sukses mengandung nilai berita yang
mempunyai nilai riil, menarik media massa, memberikan bukti atau sebuah
peristiwa atau events tersebut, dan memberikan pesan yang dimaksudkan oleh
sumber berita.3 Meski publisitas menjadi andalan public relations,
namun berarti public relations terbatas hanya pada aktivitas publisitas.
Publisitas hanyalah alat yang digunakan public relations untuk mendukung tujuan
manajemen.
Publisitas memiliki beberapa tujuan
yang berdasarkan fungsi dari public relations. Adapun tujuan-tujuan pokok
kegiatan public relations berdasarkan fungsi publisitas yaitu:
a. Mengubah
citra umum dimata khalayak sehubung dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang
dilakukan perusahaan.
b. Meningkatkan
bobot kualitas para pegawai.
c. Menyebarluaskan
cerita sukses yang telah dicapai perusahaan kepada masyarakat luas dalam
memperoleh pengakuan.
d. Memperkenalkan
perusahaan pada masyarakat luas serta membuka pasar-pasar ekspor baru.
e. Mempersiapkan
penerbitan saham tambahan, atau karena perusahaan akan go public.
f. Memperbaiki
hubungan atara perusahaan itu dengan khalayaknya, sehubungan dengan terjadinya
suatu peristiwa yang telah mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham
dikalangan khalayak terhadap niat baik perusahaan.
g. Mendidik
para pengguna dan konsumenagar mereka lebih efektif dan mengerti dalam
memanfaatkan produk-produk perusahaan.
h. Untuk
meyakinkan khalayak bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali
setelah terjadinya suatu krisis diperusahaannya.
i.
Meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam
menghadapi resiko pengambilan alih.
j.
Menciptakan identitas perusahaan yang baru.
k. Menyebarluaskan
informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pemimpin perusahaan dalam
kehidupan sosial sehari-hari.
l.
Mendukung keterlibatan perusahaan sebagai sponsor dari
suatu event.
m. Memastikan
bahwa para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk
perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan-peraturan,
undang-undang dan kebijakan pemerintah yang meruhgikan perusahaan.
n. Menyebarluaskan
kegiatan-kegiatan yang telah ada.
Dari beberapa fungsi diatas yang
telah dijabarkan dapat kita pahami bahwa publisitas memiliki peran dalam
aktivitas public relations. Meski publisitas menjadi andalan public relations,
namun bukan berarti public relations terbatas hanya pada aktivitas publisitas.4
Adapun alat
publisitas bagi praktisi Digital PR adalah Ezine. Ezine
merupakan versi digital dari newsletter atau disebut juga majalah elektronik.
Ezine ini adalah sarana publisitas di dunia maya. Dengan menjalankan fungsi
E-PR maka kita dapat;
1.
Memasang iklan produk / perusahaan
2.
Menjadi sponsor suatu ezine untuk membidik calon pasar
3.
Menulis artikel advertorial
4.
Mengirim press release
5.
Membangun dan mengembangkan enzine korporat
Contoh
Publisitas Digital PR
Publisitas melalui kartu nama
elektronik, merupakan sebuah cara mempublikasikan atau membuat sebuah citra
tanpa menggunakan bantuan wartawan.
Sebuah citra yang terbentuk dari sebuah kartu nama elektronik, merupakan
sebuah cara agar citra yang kita bentuk dapat meraup perhatian di jagad dunia
maya ini. Membangun digital brand image,
seperti kita ketahui pengaruh brand image didunia maya sangat besar karena di
dunia online (baik perusahaan online atau offline) memberi peluang dan
tantangan besar dengan potensi dalam membangun hubungan yang bersifat
one-to-one.
Kartu nama elektronik (signature
file), merupakan sebuah pengenalan diri baik seseorang ataupun sebuah
perusahaan kepada khalayak umum di jagad dunia maya ini. Terbentuknya citra dari kartu nama ini sangat
berpengaruh besar terhadap perkembangan sebuah
perusahaan. Mengapa demikian…???
Karena dengan adanya kartu nama
elektronik (signature file) ini, setiap apa yang akan kita publikasikan ke
jagad dunia maya, dapat mendongkrak citra kita atau perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan, pengguna internet tiap
harinya makin meningkat. Informasi yang
dibutuhkan juga, akan semakin beragam dan saling bersaing antara perusahaan
yang satu dengan perusahaan yang lain.
see u..... :)
SUMBER :
1 http://muhmdhanafi.blogspot.co.id/2014/10/materi-kuliah-publisitas.html
2http://boentialoe.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-publisitas-atau-hubungan.html
3http://larasaps.blogspot.co.id/2017/03/peran-publisitas-dalam-public-relations.html
4http://nadaaprillia.blogspot.co.id/2017/03/peran-publisitas-dalam-public-relations.html
Komentar
Posting Komentar