Langsung ke konten utama

MEDIA WEBSITE PADA DIGITAL PR

MEDIA WEBSITE PADA PR DIGITAL
Apa itu website ????

Website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.1


Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam diantaranya, bisa dibaca dibawah ini:


Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.


Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.


Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.



Adapun manfaat website sebagai berikut :
Manfaat dari website biasanya sebagaian orang memiliki suatu alasan untuk membuat web itu sendiri, diantaranya:


Memperluas jangkauan promosi sesuatu, dengan memiliki website maka produk kita lebih bisa dikenal oleh masyarakat khususnya pengguna internet.


Bisa menjadi media tanpa batas, sebab internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website kita berarti sama saja memiliki banayk karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam. Yang artinya diman website kita akan memberikan suatu informasi kepada calon konsumen selama 24 jam.


Promosi yang luas, internet adalah suatu media promosi terluas di dunia jika dilihat dari jangkauan area.


Media pengenalan perusahaan, Jika kita memiliki suatu perusahaan akan lebih mudah kita mengenalkan perusahaan lewat website, kerana jangkauannya internet yang luas dan pemakainya yang banyak, sehingga perusahaan kita akan dikenaloleh masyarakat banyak sehingga dapat mendatangkan calon konsumen dengan cara promosi produk lewat website.


Macam-macam domain website

Domain website, contohnya bisa di baca di bawah ini:
.co.id : Biasanya digunakan untuk badan usaha yang memiliki badan hukum sah.
.go.id : Khusus digunakan untuk Lembaga Pemerintahan  RI.
.ac.id : Dipakai untuk Lembaga Pendidikan.
.or.id: Dipakai untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk kedalam kategori ”co.id”,”go.id”,”mil.id”, “ac.id” dan sebagainya.
.war.net.id : Dipaki untuk industri warung internet (warnet) yang ada di Indonesia
.sch.id: Dipakai khusus untuk Lembaga Pendidikan SD, SMP dan SMU atau SMK
.web.id: Biasanya digunakan untuk organisasi, badan usaha, ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di WWW.2


Dalam fungsi dan kegunaan website sebenarnya ada 5 pokok pentingnya. Apa itu?
1. Media Komunikasi
Media komunikasi yang tersedia di dalam suatu website itu beragam, bukan hanya seperti chatting komentar, balasan saja, akan tetapi, ilmu yang disampaikan, artikel yang disajikan oleh pemilik website kepada kita sebagai pembaca juga merupakan salah satu bentuk komunikasi walau secara tidak langsung. Bentuk komunikasi di dalam sebuah website itu beragam, seperti :
Forum (biasanya untuk berinteraksi mengenai topik tertentu, dan topik tersebut tidak jauh dari topik website)
Live chat (biasanya live chat ini hanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu seperti domain name + web hosting untuk melayani calon konsumennya secara tanggap)
Komentar (di dalam sebuah postingan, pemilik website pasti 90% akan mengijinkan kolom komentar yang memang digunakan untuk berinteraksi, bertukar pendapat dengan komentator lain maupun dengan pemilik website)
Formulir online (biasanya disediakan seperti untuk formulir saran website atau formulir-formulir penting lainnya di dalam website yang sifatnya opsional)
Dengan adanya manfaat media komunikasi ini, para pengguna internet akan merasa terbantu setelah mendapat ilmu, mereka juga bisa bertanya, berkomunikasi langsung dengan hal-hal yang saling keterkaitan, sehingga internet itu betul-betul digunakan secara bijak oleh penggunanya.
2. Media Informasi
Memiliki sebuah website tentu harus ada yang namanya artikel atau konten. Nah konten tersebutlah yang berisikan mengenai informasi yang memang kita perlukan dan kita butuhkan. Sebenarnya, untuk mendapatkan informasi, kita tidak hanya dengan membaca buku saja, dengan tergabung di dalam jaringan internet, kita bisa menambah informasi yang lebih luas bahkan yang tidak kita ketahui sekalipun sebelumnya. Dalam hal ini, website memiliki peran yang sangat penting sebagai wadah penyedia informasi ketimbang sosial media atau aplikasi chatting lain yang hanya kemungkinan besar berguna untuk saling berinteraksi saja. Dan kelebihan menyajikan informasi di dalam website itu sendiri sangat mengasyikkan, bisa didukung konten multimedia (gambar, video, dll) dan yang lebih istimewanya lagi kita bisa mendapatkan bacaan yang sangat panjang serta merinci, yang mungkin bisa saja tidak bisa dibaca hanya dengan sekali duduk.
3. Media Pendidikan
Sebenarnya, informasi itu juga satu arah, jalan lurus dengan media pendidikan karena menyediakan informasi yang memang kita benar-benar belum tahu menjadi lebih tahu dengan adanya informasi. Media pendidikan di sini bukanlah sebatas pembelajaran saja, akan tetapi media pendidikan yang menyajikan info yang layak untuk disalurkan seperti :
Berita, Politik, Sosial budaya, Ekonomi, Teknologi
4. Media Pemasaran
Website itu sendiri juga sebenarnya bisa digunakan sebagai salah satu media pemasaran. Media pemasaran di sini berarti yaitu memasarkan secara online, beda dengan memasarkan di dalam dunia nyata, begitu sangat-sangat beda. Jika kalian memiliki barang atau produk dan bingung untuk memasarkannya, pasarkanlah di Website-website pasar online yang memang sudah sangat terkemuka, dan tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasarkannya.Dan tampaknya memasarkan barang di Internet itu lebih afdol, mengapa tidak? Kita bisa menaruh deskripsi secara lengkap di bawah produk yang memang itu pasti benar-benar dibaca oleh pengunjung, ketimbang kita menaruh bacaan di produk yang kita jual di dunia nyata, kemungkinan besar deskripsi tersebut tidak akan dibaca, karena daya tarik membaca di dunia nyata untuk orang Indonesia itu sangatlah kurang.
5. Media Promosi
Terlebih website yang berguna untuk media promosi itu sangatlah banyak. Mungkin tidak hanya website, sosial media pun, eits bukan! Aplikasi chatting pun bahkan dijadikan sebagai media promosi, kira-kira itulah, ya entah kurangnya wadah atau kurangnya ide untuk mempromosikannya. Media promosi melalui website bisa dibilang sangat-sangat efektif karena jika kita tampilkan 1 buah promosi, maka promosi kita itu bisa dilihat orang-orang di seluruh penjuru dunia. Daripada kita mempromosikannya secara susah-payah dan manual di dunia nyata. Lelah dapat, konsumen belum tentu dapat.
Itulah 5 fungsi dan kegunaan dari website yang pastinya sangat menguntungkan bagi siapapun, dari sudut pandang yang dilihat, pasti sebagian besar menguntungkan, tidak ada website yang menjadi kerugian bagi 1 pelaku atau bahkan lebih, pasti sangat kecil dibilangnya, atau malahan tidak ada sama sekali.3
Berdasarkan pemaparan diatas mengenai website, website ini sangat menguntungkan bagi seorang praktisi Publik Relations Digital. Seorang digital PR akan sangat mudah mengerjakan apa yang seharusnya menjadi tugas. Dengan adanya website, penyampaian informasi terkait kegiatan perusahaan maupun informasi lainnya akan mudah tersampaikan kepada khalayak tujuan. Seorang PR Digital bisa menulis artikel yang dimuat di website, dan juga dapat berkomunikasi di website sehingga dapat membangun hubungan media dengan sasaran medianya sendiri. Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) --dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers)
Dengan pemanfaatan website yang baik, maka Tujuan Media Humas seperti Promosi & tingkatkan pemasaran, Komunikasi berkesinambungan, Tingkatkan kepercayaan publik,Tingkatkan citra perusahaan/organisasi dapat tercapai oleh PR digital.

-SEKIAN-

SEE YOU 


Sumber :
1https://oliviaagnez.wordpress.com/2016/02/18/pengertian-website-dan-contohnya
2http://www.habibullahurl.com/2015/10/fungsi-dan-kegunaan-website.html

3http://humas-publicrelations.blogspot.co.id/2014/11/media-humas-pr-media.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLOG DALAM DIGITAL PR

BLOG DALAM DIGITAL PR Setelah membahas soal website, kali ini kita akan membahas tentang Blog. Blog  sebenarnya bukanlah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk mereka sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog). Namun demikian, tetap saja, penggunaan blog perusahaan, khususnya di era keterbukaan saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib diperhatikan lebih seksama. Terlebih difungsikan oleh seorang praktisi Digital PR dalam mengerjakan yang menjadi tanggungjawabnya, yaitu untuk menginformasikan pihak perusahaan / organisasinya, sehingga tugasnya dalam meningkatkan citra dapat dipertanggungjawabkan. Berikut adalah beberapa fungsi blog perusahaan yang lazim dilakukan dalam  kegiatan public relation   : ·          Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. ·          Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-pr

INTERAKTIF DIGITAL PR

INTERAKTIF DIGITAL PR Mendengar istilah Interaktif tentulah bukan hal yang asing lagi untuk kita. Menurut Warsita:2008 “ interaktif merupakan hal yang terkait dengan komunikasi dua arah atau suatu hal bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya.” Jika interaktif dihubungkan dengan digital PR maka interaktif Digital PR adalah penggunaan perangkat dan teknologi internet yang meliputi hubungan media baru. seperti menurut Everett M. Rogers (Dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi kedalam empat era. pertama era komunikasi tulisan, kedua era komunikasi cetak, ketiga era telekomunikasi, dan keempat era komunikasi interaktif. Disini kita akan berfokus pada era komunikasi interaktif, Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif, seperti blog, mesin pencari, dan pemasaran media sosial untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (perusahaan)

MEDIA RELATIONS PR DIGITAL

Media Relation -------- Public Relations        Pentingnya hubungan public relations dengan media memang menjadi kajian yang menarik untuk dibahas. Bagaimanapun juga, public relations dan media massa adalah dua pihak yang saling bersinggungan dalam menyampaikan informasi kepada publik untuk membangun pengertian yang baik diantara keduanya.      Media Relations (Hubungan Media) disebut juga Press Relations adalah aktivitas menjalin hubungan baik dengan  wartawan, kalangan pers, atau media massa. Hubungan media merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi  dilakukan humas atau PR sebuah instansi. Tujuan utama media relations adalah membangun citra positif (image building) sebagai tugas utama humas. Media Relations dilakukan guna memperoleh publisitas, pemberitaan, atau liputan media seluas mungkin.      Peran Public Relations tidak bisa dipisahkan dari Media. Hubungan Public Relations Dengan Media Massa seperti sisi mata uang yang saling berdampingan. Baik Public Relations maupun