Langsung ke konten utama

MEDIA SOSIAL DALAM PR DIGITAL

MEDIA SOSIAL DALAM PR DIGITAL





Seperti yang kita ketahui, zaman semakin maju teknologi pun semakin canggih, contohnya perkembangan teknologi internet yang sangat berperan dalam kehidupan saat ini. Sehingga segala sesuatu aktivitas  sehari-hari dapat berjalan secara praktis tidak memerlukan waktu yang lama. Misalnya saja saat ini dalam teknologi komunikasi, bila sebelumnya, jangkauan media komunikasi terbatas, namun saat ini dengan adanya kemunculan alat komunikasi seperti handphone atau yang saat ini di sebut smartphone yng dibekali akses jaringan internet telah mengubah bentangan media komunikasi. Internet sebagai salah satu media baru kini banyak digunakan masyarakat khususnya yang melek media, terutama penggunaannya dalam media sosial.  

Salah satu aplikasi dalam internet yaitu media sosial menjadi aplikasi popular dalam perkembangan internet. Melalui media sosial, setiap orang bisa mendapatkan informasi, berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Menurut (Zarela, 2011:2)  “ Media sosial mempunyai banyak bentuk. Bentuk yang paling popular yaitu blog, mikroblog (twitter), jejaring sosial (facebook, LinkedIn, G+), media-sharing (YouTube, Flickr), situs sosial bookmark, situs voting (digg, reddit), situs review (Yelp), forum, dan dunia virtual (second life).”  

Saat ini media sosial tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, mengapa demikian ? karena menurut saya, media sosial juga dapat dijadikan media promosi, baik mempromosikan produk, jasa, dan mengingkatkan citra dan reputasi perusahaan sekalipun. karena pesan-pesan yang akan disampaikan melalui media sosial bukan untuk satu orang melainkan untuk banyak orang. Artinya pengirim pesan bisa berbagi informasi dengan khalayak yang banyak jumlahnya. Selain itu, masa kini penggunaan media sosial semakin banyak peminatnya karena pesan yang disampaikan melalui media sosial akan berjalan dengan sangat cepat. Apalagi pesan-pesan bisa disampaikan bersamaan ke banyak orang dalam waktu singkat walau penerima pesan tersebut berada berjauhan, lintas negara, dan bahkan lintas benua. Nah, maka dari itu seorang praktisi PR Digital dapat memanfaatkan media sosial ini untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya, seperti berkomunikasi dengan konsumen.

Media sosial yang dapat digunakan untuk membantu dalam kegiatan PR sendiri adalah seperti facebook, Instagram, Twitter, blog dan lain sebagainya. Seorang PR dapat menjadikan media sosial ini sebagai jembatan penghubung antara perusahaan / instansinya sendiri dan khalayak konsumen. Sehingga antara pihak perusahaan yang diwakili oleh seorang PR dapat berkomunikasi pada khalayak sasaran, begitu pula sebaliknya, agar terciptanya komunikasi dua arah. Oleh karena itu sebagai praktisi public relations, sangat penting untuk mengenali media sosial yang bertujuan untuk menunjang kegiatan dan meningkatkan kinerja dari public relations. Selain kemampuan berhumas dengan media konvensional, praktisi dituntut mampu memanfaatkan media sosial secara positif. Praktisi juga harus mampu melihat tantangan komunikasi untuk memahami masalah inti dari sebuah perusahaan hingga indikator kesuksesan sebuah program public relations.

Menurut Grunig, 2009 “Adanya media sosial memungkinkan public relations melakukan peranan manajerial, di mana praktisi public relations terlibat dalam pengambilan keputusan strategis organisasi serta memberikan masukan kepada jajaran manajemen atas “. Kegiatan public relations melalui media sosial PR sebagai upaya, taktik dan seni dalam membangun reputasi online yang baik secara berkesinambungan.

Dalam kegiatan public relations (humas), adapun manfaat media sosial bagi PR Digital seperti contohnya :
·        media sosial sangat berperan penting dalam meningkatkan citra perusahaan dan humas.
·    media sosial lebih dapat dimaksimalkan oleh praktisi public relations tanpa ada batasan ruang dan waktu.
·         media sosial dapat mempercepat penyampaian informasi-informasi yang dimuat oleh humas.
·        media sosial bagi humas berguna untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat terkait perusahaan.

Begitu besar pengaruh media sosial bagi masyarakat dan para praktisi public relations dalam menjalin hubungan komunikasi. Maka sebagai praktisi public relations harus dapat berkomunikasi dengan baik, mengerti konsep pemasaran (marketing), dan yang terpenting harus melek teknologi (update) karenanya mau tidak mau sebagai seorang praktisi public relations harus berani mengikuti perkembangan zaman tetapi tetap pada ranahnya seorang PR yang bertanggung jawab menggunakan media sosial. Sehingga adanya media sosial itu pun bisa menjadi sangat bermanfaat dan mendukung kinerja apabila dilakukan dengan bijak.
THANKS...



Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2017/09/pengertian-media-sosial-fungsi
https://komunitaspr.wordpress.com/tag/pr-media-sosial
http://www.duniapublicrelations.com/2017/01/pr-media-sosial-cyber-public-relations



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLOG DALAM DIGITAL PR

BLOG DALAM DIGITAL PR Setelah membahas soal website, kali ini kita akan membahas tentang Blog. Blog  sebenarnya bukanlah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk mereka sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog). Namun demikian, tetap saja, penggunaan blog perusahaan, khususnya di era keterbukaan saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib diperhatikan lebih seksama. Terlebih difungsikan oleh seorang praktisi Digital PR dalam mengerjakan yang menjadi tanggungjawabnya, yaitu untuk menginformasikan pihak perusahaan / organisasinya, sehingga tugasnya dalam meningkatkan citra dapat dipertanggungjawabkan. Berikut adalah beberapa fungsi blog perusahaan yang lazim dilakukan dalam  kegiatan public relation   : ·          Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. ·          Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-pr

INTERAKTIF DIGITAL PR

INTERAKTIF DIGITAL PR Mendengar istilah Interaktif tentulah bukan hal yang asing lagi untuk kita. Menurut Warsita:2008 “ interaktif merupakan hal yang terkait dengan komunikasi dua arah atau suatu hal bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya.” Jika interaktif dihubungkan dengan digital PR maka interaktif Digital PR adalah penggunaan perangkat dan teknologi internet yang meliputi hubungan media baru. seperti menurut Everett M. Rogers (Dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi kedalam empat era. pertama era komunikasi tulisan, kedua era komunikasi cetak, ketiga era telekomunikasi, dan keempat era komunikasi interaktif. Disini kita akan berfokus pada era komunikasi interaktif, Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif, seperti blog, mesin pencari, dan pemasaran media sosial untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (perusahaan)

MEDIA RELATIONS PR DIGITAL

Media Relation -------- Public Relations        Pentingnya hubungan public relations dengan media memang menjadi kajian yang menarik untuk dibahas. Bagaimanapun juga, public relations dan media massa adalah dua pihak yang saling bersinggungan dalam menyampaikan informasi kepada publik untuk membangun pengertian yang baik diantara keduanya.      Media Relations (Hubungan Media) disebut juga Press Relations adalah aktivitas menjalin hubungan baik dengan  wartawan, kalangan pers, atau media massa. Hubungan media merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi  dilakukan humas atau PR sebuah instansi. Tujuan utama media relations adalah membangun citra positif (image building) sebagai tugas utama humas. Media Relations dilakukan guna memperoleh publisitas, pemberitaan, atau liputan media seluas mungkin.      Peran Public Relations tidak bisa dipisahkan dari Media. Hubungan Public Relations Dengan Media Massa seperti sisi mata uang yang saling berdampingan. Baik Public Relations maupun