MEDIA
SOSIAL DALAM PR DIGITAL
Seperti
yang kita ketahui, zaman semakin maju teknologi pun semakin canggih, contohnya
perkembangan teknologi internet yang sangat berperan dalam kehidupan saat ini. Sehingga
segala sesuatu aktivitas sehari-hari
dapat berjalan secara praktis tidak memerlukan waktu yang lama. Misalnya saja
saat ini dalam teknologi komunikasi, bila sebelumnya, jangkauan media
komunikasi terbatas, namun saat ini dengan adanya kemunculan alat komunikasi
seperti handphone atau yang saat ini di sebut smartphone yng dibekali akses
jaringan internet telah mengubah bentangan media komunikasi. Internet sebagai
salah satu media baru kini banyak digunakan masyarakat khususnya yang melek
media, terutama penggunaannya dalam media sosial.
Salah
satu aplikasi dalam internet yaitu media sosial menjadi aplikasi popular dalam
perkembangan internet. Melalui media sosial, setiap orang bisa mendapatkan
informasi, berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Menurut (Zarela, 2011:2) “ Media sosial mempunyai banyak bentuk. Bentuk
yang paling popular yaitu blog, mikroblog (twitter), jejaring sosial (facebook,
LinkedIn, G+), media-sharing (YouTube, Flickr), situs sosial bookmark, situs
voting (digg, reddit), situs review (Yelp), forum, dan dunia virtual (second
life).”
Saat
ini media sosial tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, mengapa demikian ?
karena menurut saya, media sosial juga dapat dijadikan media promosi, baik
mempromosikan produk, jasa, dan mengingkatkan citra dan reputasi perusahaan
sekalipun. karena pesan-pesan yang akan disampaikan melalui media sosial bukan
untuk satu orang melainkan untuk banyak orang. Artinya pengirim pesan bisa
berbagi informasi dengan khalayak yang banyak jumlahnya. Selain itu, masa kini
penggunaan media sosial semakin banyak peminatnya karena pesan yang disampaikan
melalui media sosial akan berjalan dengan sangat cepat. Apalagi pesan-pesan
bisa disampaikan bersamaan ke banyak orang dalam waktu singkat walau penerima pesan
tersebut berada berjauhan, lintas negara, dan bahkan lintas benua. Nah, maka
dari itu seorang praktisi PR Digital dapat memanfaatkan media sosial ini untuk
membantu menyelesaikan pekerjaannya, seperti berkomunikasi dengan konsumen.
Media
sosial yang dapat digunakan untuk membantu dalam kegiatan PR sendiri adalah
seperti facebook, Instagram, Twitter, blog dan lain sebagainya. Seorang PR
dapat menjadikan media sosial ini sebagai jembatan penghubung antara perusahaan
/ instansinya sendiri dan khalayak konsumen. Sehingga antara pihak perusahaan
yang diwakili oleh seorang PR dapat berkomunikasi pada khalayak sasaran, begitu
pula sebaliknya, agar terciptanya komunikasi dua arah. Oleh karena itu sebagai
praktisi public relations, sangat penting untuk mengenali media sosial yang
bertujuan untuk menunjang kegiatan dan meningkatkan kinerja dari public
relations. Selain kemampuan berhumas dengan media konvensional, praktisi
dituntut mampu memanfaatkan media sosial secara positif. Praktisi juga harus
mampu melihat tantangan komunikasi untuk memahami masalah inti dari sebuah
perusahaan hingga indikator kesuksesan sebuah program public relations.
Menurut
Grunig, 2009 “Adanya media sosial memungkinkan public relations melakukan
peranan manajerial, di mana praktisi public relations terlibat dalam
pengambilan keputusan strategis organisasi serta memberikan masukan kepada
jajaran manajemen atas “. Kegiatan public relations melalui media sosial PR
sebagai upaya, taktik dan seni dalam membangun reputasi online yang baik secara
berkesinambungan.
Dalam
kegiatan public relations (humas), adapun manfaat media sosial bagi PR Digital seperti
contohnya :
· media sosial sangat berperan penting
dalam meningkatkan citra perusahaan dan humas.
· media sosial lebih dapat dimaksimalkan
oleh praktisi public relations tanpa ada batasan ruang dan waktu.
·
media sosial dapat mempercepat
penyampaian informasi-informasi yang dimuat oleh humas.
· media sosial bagi humas berguna untuk
memperoleh umpan balik dari masyarakat terkait perusahaan.
Begitu
besar pengaruh media sosial bagi masyarakat dan para praktisi public relations
dalam menjalin hubungan komunikasi. Maka sebagai praktisi public relations
harus dapat berkomunikasi dengan baik, mengerti konsep pemasaran (marketing),
dan yang terpenting harus melek teknologi (update) karenanya mau tidak mau
sebagai seorang praktisi public relations harus berani mengikuti perkembangan
zaman tetapi tetap pada ranahnya seorang PR yang bertanggung jawab menggunakan
media sosial. Sehingga adanya media sosial itu pun bisa menjadi sangat
bermanfaat dan mendukung kinerja apabila dilakukan dengan bijak.
THANKS...
Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2017/09/pengertian-media-sosial-fungsi
https://komunitaspr.wordpress.com/tag/pr-media-sosial
http://www.duniapublicrelations.com/2017/01/pr-media-sosial-cyber-public-relations
Komentar
Posting Komentar