Seorang
praktisi PR di era global ini sudah menggunakan alat digital untuk mempermudah
segala pekerjaan, dan kerap kali menggunakan alat digital berupa media
internet. Praktisi public relations yang menggunakan media internet disebut
juga E-PR, E dalam E-PR adalah mengacu pada media elektronik yang disebut alat
digital PR. Dengan alat atau media internet dipercayakan mampu melakukan
hubungan bisnis antar pihak organisasi / perusahaan kepada public audiens. Internet
sendiri dapat membangun komunikasi interaktif.
Internet
sendiri berasal dari kata
Interconnection Networking , Inter kependekkan dari International, Connection
berarti hubungan dan Networking adalah Jaringan. Sehingga internet merupakan
system komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh
dunia. Dalam internet, banyak sekali alat-alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi,
salah satu contohnya sosial media. Pemanfaatan sosial media adalah salah satu
bentuk yang kini sangat layak untuk dipraktekkan di perusahaan. Terlebih untuk
bersaing dalam era digital yang hampir sebagian besar memanfaatkan fasilitas
internet dalam pergerakannya. Terutama untuk mejaga citra sebuah perusahaan,
brand dan juga bisnis karena sosial media memang dikenal sebagai satu media
yang dapat meningkatkan kedekatan antara konsumen dan brand sebuah perusahaan. Misalnya
saja Public Relations menulis press release perusahaan dan dibagikan kepada
khalayaknya melalui sosial media. Hal tersebut akan memberikan kemudahan kepada
masyarakat dan juga media tentang isu dan hal apa saja sih yang sedang
berkembang di perusahaan itu.
Ada
beberapa hal yang bisa dipahami PR melalui penggunaan internet :
· PR
harus menyadari bahwa khalayak /public dapat mengakses Press Release yang dikirim
melalui internet atau server dengan kata-kata yang mudah dipahami.
· Publik
dapat mengakses Press Release dalam home page yang ada di world wide web.
· PR
dapat membuat mailing list dari publiknya.
Terdapat
juga keuntungan PR menggunakan internet yaitu, seorang PR bisa langsung
menyampaikan pesan-pesan tersebut kepada target publik, membangun digital brand
images, membina hubungan yang baik dengan berbagai media, melalui media center
online.
Seorang
PR dapat melewati batas penghalang yang ada di dunia fisik dengan menggunakan
internet. Dalam hal ini digital PR adalah satu terobosan dari dunia teknologi
yang membuat media baru dalam penyebaran dan melakukan informasi secara efektif
dan efisien menggunakan internet. PR harus dapat melihat karakteristik
perusahaan dan karakteristik khalayak, juga pesan dan hasil yang ingin dicapai,
setelah itu barulah dapat memilih yang mana yang lebih cocok dalam pelaksanaan
program–program tersebut.
See next week.....
Komentar
Posting Komentar