Langsung ke konten utama

ALAT DIGITAL PR






 

Seorang praktisi PR di era global ini sudah menggunakan alat digital untuk mempermudah segala pekerjaan, dan kerap kali menggunakan alat digital berupa media internet. Praktisi public relations yang menggunakan media internet disebut juga E-PR, E dalam E-PR adalah mengacu pada media elektronik yang disebut alat digital PR. Dengan alat atau media internet dipercayakan mampu melakukan hubungan bisnis antar pihak organisasi / perusahaan kepada public audiens. Internet sendiri dapat membangun komunikasi interaktif.




Internet sendiri  berasal dari kata Interconnection Networking , Inter kependekkan dari International, Connection berarti hubungan dan Networking adalah Jaringan. Sehingga internet merupakan system komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Dalam internet, banyak sekali alat-alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, salah satu contohnya sosial media. Pemanfaatan sosial media adalah salah satu bentuk yang kini sangat layak untuk dipraktekkan di perusahaan. Terlebih untuk bersaing dalam era digital yang hampir sebagian besar memanfaatkan fasilitas internet dalam pergerakannya. Terutama untuk mejaga citra sebuah perusahaan, brand dan juga bisnis karena sosial media memang dikenal sebagai satu media yang dapat meningkatkan kedekatan antara konsumen dan brand sebuah perusahaan. Misalnya saja Public Relations menulis press release perusahaan dan dibagikan kepada khalayaknya melalui sosial media. Hal tersebut akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dan juga media tentang isu dan hal apa saja sih yang sedang berkembang di perusahaan itu. 


Ada beberapa hal yang bisa dipahami PR melalui penggunaan internet :
·     PR harus menyadari bahwa khalayak /public dapat mengakses Press Release yang dikirim melalui internet atau server dengan kata-kata yang mudah dipahami.
·     Publik dapat mengakses Press Release dalam home page yang ada di world wide web.
·     PR dapat membuat mailing list dari publiknya.

Terdapat juga keuntungan PR menggunakan internet yaitu, seorang PR bisa langsung menyampaikan pesan-pesan tersebut kepada target publik, membangun digital brand images, membina hubungan yang baik dengan berbagai media, melalui media center online.
Seorang PR dapat melewati batas penghalang yang ada di dunia fisik dengan menggunakan internet. Dalam hal ini digital PR adalah satu terobosan dari dunia teknologi yang membuat media baru dalam penyebaran dan melakukan informasi secara efektif dan efisien menggunakan internet. PR harus dapat melihat karakteristik perusahaan dan karakteristik khalayak, juga pesan dan hasil yang ingin dicapai, setelah itu barulah dapat memilih yang mana yang lebih cocok dalam pelaksanaan program–program tersebut. 

 


See next week.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLOG DALAM DIGITAL PR

BLOG DALAM DIGITAL PR Setelah membahas soal website, kali ini kita akan membahas tentang Blog. Blog  sebenarnya bukanlah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk mereka sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog). Namun demikian, tetap saja, penggunaan blog perusahaan, khususnya di era keterbukaan saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib diperhatikan lebih seksama. Terlebih difungsikan oleh seorang praktisi Digital PR dalam mengerjakan yang menjadi tanggungjawabnya, yaitu untuk menginformasikan pihak perusahaan / organisasinya, sehingga tugasnya dalam meningkatkan citra dapat dipertanggungjawabkan. Berikut adalah beberapa fungsi blog perusahaan yang lazim dilakukan dalam  kegiatan public relation   : ·          Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. ·          Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-pr

INTERAKTIF DIGITAL PR

INTERAKTIF DIGITAL PR Mendengar istilah Interaktif tentulah bukan hal yang asing lagi untuk kita. Menurut Warsita:2008 “ interaktif merupakan hal yang terkait dengan komunikasi dua arah atau suatu hal bersifat saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya.” Jika interaktif dihubungkan dengan digital PR maka interaktif Digital PR adalah penggunaan perangkat dan teknologi internet yang meliputi hubungan media baru. seperti menurut Everett M. Rogers (Dalam abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi kedalam empat era. pertama era komunikasi tulisan, kedua era komunikasi cetak, ketiga era telekomunikasi, dan keempat era komunikasi interaktif. Disini kita akan berfokus pada era komunikasi interaktif, Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif, seperti blog, mesin pencari, dan pemasaran media sosial untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (perusahaan)

MEDIA RELATIONS PR DIGITAL

Media Relation -------- Public Relations        Pentingnya hubungan public relations dengan media memang menjadi kajian yang menarik untuk dibahas. Bagaimanapun juga, public relations dan media massa adalah dua pihak yang saling bersinggungan dalam menyampaikan informasi kepada publik untuk membangun pengertian yang baik diantara keduanya.      Media Relations (Hubungan Media) disebut juga Press Relations adalah aktivitas menjalin hubungan baik dengan  wartawan, kalangan pers, atau media massa. Hubungan media merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi  dilakukan humas atau PR sebuah instansi. Tujuan utama media relations adalah membangun citra positif (image building) sebagai tugas utama humas. Media Relations dilakukan guna memperoleh publisitas, pemberitaan, atau liputan media seluas mungkin.      Peran Public Relations tidak bisa dipisahkan dari Media. Hubungan Public Relations Dengan Media Massa seperti sisi mata uang yang saling berdampingan. Baik Public Relations maupun